DO'AKU SELALU UNTUKMU UMMI.....

Sabtu, 13 November 2010

Larangan Memakai Cincin Besi Murni Bagi Laki-Laki


عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده أن النبي صلى الله عليه وسلم رأى على بعض أصحابه خاتما من ذهب فأعرض عنه فألقاه واتخذ خاتما من حديد فقال هذا شر هذا حلية أهل النار فألقاه فاتخذ خاتما من ورق فسكت عنه
Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari kakeknya : Bahwasannya Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam melihat salah seorang shahabatnya memakai cincin dari emas. Maka beliau berpaling darinya. (Melihat hal itu), maka shahabat tersebut membuangnya dan menggantinya dengan cincin dari besi. Beliaushallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Ini lebih jelek (dari cincin emas). Ini merupakan perhiasan penduduk neraka”. Shahabat tadi kembali membuang cincinnya dan menggantinya dengan cincin dari perak, sementara itu Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak berkomentar tentangnya” [Diriwayatkan oleh Ahmad 2/163 & 2/179, Al-Bukhari dalam Al-Adabul-Mufrad no. 1021, dan Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/261. Dishahihkan oleh Al-Albaniy dalam Aadaabuz-Zifaaf hal. 217, Al-Arna’uth dalam Takhrij ‘alal-Musnad 11/69, dan Ahmad Syaakir Syarh ‘alal-Musnad 6/80].
Hadits di atas merupakan dalil yang sangat tegas dan jelas tentang keharaman memakai cincin besi. Kedudukannya lebih jelek daripada cincin emas, padahal telah shahih beberapa riwayat yang mencela dan mengharamkan (pemakaian)-nya :
عن عبدالله بن عباس؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم رأى خاتما من ذهب في يد رجل. فنزعه فطرحه وقال (يعمد أحدكم إلى جمرة من نار فيجعلها في يده) فقيل للرجل، بعدما ذهب رسول الله صلى الله عليه وسلم: خذ خاتمك انتفع به. قال: لا. والله! لا آخذه أبدا. وقد طرحه رسول الله صلى الله عليه وسلم.
Dari ‘Abdullah bin ‘Abbaas : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melihat cincin dari emas di (jari) tangan seorang laki-laki. Lalu beliau melepaskannya dan membuangnya seraya bersabda : “Apakah salah seorang di antara kalian ada yang berani mengambil bara neraka lalu ia letakkan di tangannya ?”. Setelah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pergi, dikatakan kepada laki-laki itu : “Ambillah kembali dan manfaatkanlah cincin itu”. Laki-laki itu berkata : “Demi Allah, selamanya aku tidak akan mengambil kembali apa yang telah dibuang oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2090].
عن أبي هريرة، عن النبي صلى الله عليه وسلم؛ أنه نهى عن خاتم الذهب.
Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : Bahwasannya beliau melarang memakai cincin emas” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 5864 dan Muslim no. 2089].
Di antara para shahabat yang mengharamkan memakai cincin dari besi adalah ‘Umar bin Al-Khaththab radliyallaahu ‘anhu.
أن عمر بن الخطاب رأى على رجل خاتما من ذهب فأمره أن يلقيه فقال زياد يا أمير المؤمنين إن خاتمي من حديد قال ذلك أنتن وأنتن
Bahwasannya ‘Umar bin Al-Khaththaab pernah melihat seorang laki-laki yang memakai cincin dari emas. Maka ia (‘Umar) memerintahkannya untuk melepaskan cincin itu. Lalu Ziyaad berkata : “Wahai Amiirul-Mukminiin, sesungguhnya cincinku terbuat dari besi”. Maka ‘Umar berkata : “Itu lebih busuk, lebih busuk” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq no. 19473; dengan sanad shahih].
Dan inilah madzhab Maalik bin Anas, Ahmad bin Hanbal, dan Ishaq bin Rahawaihrahimahumullah.
قال ابن وهب : وقال لي مالك بن أنس في التختم بالحديد والنحاس؛ قال : لم أزل أسمع أن الحديد مكروه فأما غيره فلا
“Malik bin Anas berkata kepadaku tentang cincin besi dan tembaga : ‘Aku masih mendengar bahwa cincin besi itu dibenci. Adapun selain itu tidak” [Diriwayatkan oleh Ibnu Wahb dalam Jaami’-nya no. 601 dengan sanad shahih].
قال إسحاق بن منصور المروزي لأحمد: الخاتم من ذهب أو حديدي يكره؟ فقال: إي والله. قال إسحاق كما قال
Ishaaq bin Manshuur Al-Marwaziy pernah bertanya kepada Ahmad (bin Hanbal) : “Apakah cincin emas dan besi itu itu dibenci ?”. Ia menjawab : “Benar, demi Allah”. Ishaaq pun mengatakan sebagaimana dikatakan Ahmad [Masaail Al-Marwaziy hal. 224].
Makna “dibenci” (makruuh) dalam atsar di atas adalah haram.
Sebagian ulama[1] ada yang membolehkan memakai cincin besi berdalil dengan perkataan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam kepada seorang laki-laki yang hendak menikah untuk menyediakan mahar :
انظر ولو خاتما من حديد
“Carilah, meskipun hanya berupa cincin besi” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 5126 dan Muslim no. 1425].
Pendalilan tersebut keliru. Al-Haafidh Ibnu Hajar berkata :
واستدل به على جواز لبس الخاتم الحديد ولا حجة فيه لأنه لا يلزم من جواز الاتخاذ جواز اللبس
“Dan berdalil dengan hadits tersebut tentang pembolehan memakai cincin dari besi adalah keliru/tidak tepat, karena diperbolehkannya mengambil cincin besi sebagai pemberian mahar tidak melazimkan kebolehan untuk memakainya” [Fathul-Baariy, 10/323].
Dan memang kedudukannya seperti itu. Kebolehan pemberian mahar berupa cincin besi hanya menunjukkan kebolehan bagi wanita (sebagai pihak yang diberi) untuk memakainya (ataupun menjualnya). Hal yang sama bahwa seorang laki-laki juga boleh memberikan mahar cincin emas kepada wanita untuk dikenakannya, namun ia sendiri (si laki-laki) diharamkan untuk memakainya. Oleh karena itu, tidak ada pertentangan antara hadits tersebut dengan hadits yang disebutkan di awal.
Adapun hadits :
عن المعيقيب قال: كان خاتم النبي صلى اللّه عليه وسلم من حديدٍ ملويٍّ عليه فضة
Dari Mu’aiqiib, ia berkata : “Adalah cincin Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallamterbuat dari besi yang disepuh/dilapisi dengan perak” [Diriwayatkan oleh Abu Dawud n. 4224 dan An-Nasa’iy 8/175 dengan sanad shahih].
Maka ini pun tidak boleh dipertentangkan dengan hadits keharaman cincin besi, sebab yang diharamkan adalah cincin yang terbuat dari besi murni tanpa sepuhan (bukan besi campuran). Adapun cincin Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah cincin besi yang dilapisi perak.
Juga :
عن أبي سعيد الخدري قال: أقبل رجل من البحرين إلى النبي صلى الله عليه وسلم فسلم فلم يرد عليه وكان في يده خاتم من ذهب .. فقال صلى الله عليه وسلم: "إنه كان في يده جمرة من نار!.." قال فماذا أتختم: قال: "حلقة من حديد أو ورق أو صفر".
Dari Abu Sa’id Al-Khudriy ia berkata : “Pernah ada seorang laki-laki dari Bahrain ang datang menemui Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dengan mengucapkan salam, namun beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak menjawabnya karena di tangannya ada cincin yang terbuat dari emas….. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya di tangan laki-laki itu terdapat bara api”. Orang itu pun bertanya : “Lantas, cincin apakah yang boleh aku pakai ?”. Maka beliau menjawab : “Cincin dari besi, perak, atau tembaga” [Diriwayatkan oleh An-Nasa’iy 2/290].
Hadits tersebut tidak bisa dipakai berhujjah karena berstatus lemah (dla’if). Ibnu Rajab melemahkannya dalam Syarh ‘Ilal At-Timridzi (2/90) dan Al-Albani membahas kelemahannya secara lebih luas dalam Aadaabuz-Zifaaf hal. 220-222.
Wallaahu a’lam.
[Abul-Jauzaa’, menjelang sahur, banyak mengambil manfaat dari buku Aadaabuz-Zifaaffis-Sunnah Al-Muthahharah karya Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah, Daarus-Salaam, 1423 H – dengan beberapa tambahan referensi lainnya].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar