DO'AKU SELALU UNTUKMU UMMI.....

Kamis, 06 Januari 2011

Ulama ahlul hadist

Biografi para ulama ahlul hadits mulai dari zaman sahabat hingga sekarang yang masyhur : 
1. Khalifah ar-Rasyidin :
• Abu Bakr Ash-Shiddiq• Umar bin Al-Khaththab• Utsman bin Affan• Ali bin Abi Thalib 

2. Al-Abadillah :
• Ibnu Umar • 
Ibnu Abbas 
• 
Ibnu Az-Zubair 
• Ibnu Amr• Ibnu Mas’ud• Aisyah binti Abubakar• Ummu Salamah• Zainab bint Jahsy• Anas bin Malik• Zaid bin Tsabit• Abu Hurairah• Jabir bin Abdillah• Abu Sa’id Al-Khudri• Mu’adz bin Jabal• Abu Dzarr al-Ghifari 
• Sa’ad bin Abi Waqqash 
• Abu Darda’ 

3. Para Tabi’in :
• Sa’id bin Al-Musayyab wafat 90 H• Urwah bin Zubair wafat 99 H• Sa’id bin Jubair wafat 95 H• Ali bin Al-Husain Zainal Abidin wafat 93 H• Muhammad bin Al-Hanafiyah wafat 80 H• Ubaidullah bin Abdillah bin Utbah bin Mas’ud wafat 94 H• Salim bin Abdullah bin Umar wafat 106 H• Al-Qasim bin Muhammad bin Abi Bakr Ash Shiddiq • Al-Hasan Al-Bashri wafat 110 H• Muhammad bin Sirin wafat 110 H• Umar bin Abdul Aziz wafat 101 H• Nafi’ bin Hurmuz wafat 117 H • Muhammad bin Syihab Az-Zuhri wafat 125 H • Ikrimah wafat 105 H • Asy Sya’by wafat 104 H • Ibrahim an-Nakha’iy wafat 96 H • Aqamah wafat 62 H 

4. Para Tabi’ut tabi’in :
• Malik bin Anas wafat 179 H• Al-Auza’i wafat 157 H• Sufyan bin Said Ats-Tsauri wafat 161 H• Sufyan bin Uyainah wafat 193 H  • Al-Laits bin Sa’ad wafat 175 H• Syu’bah ibn A-Hajjaj wafat 160 H• Abu Hanifah An-Nu’man wafat 150 H 

5. Atba’ Tabi’it Tabi’in : Setelah para tabi’ut tabi’in:
• Abdullah bin Al-Mubarak wafat 181 H• Waki’ bin Al-Jarrah wafat 197 H• Abdurrahman bin Mahdy wafat 198 H• Yahya bin Sa’id Al-Qaththan wafat 198 H• Imam Syafi’i wafat 204 H 

6. Murid-Murid atba’ Tabi’it Tabi’in :
• Ahmad bin Hambal wafat 241 H• Yahya bin Ma’in wafat 233 H• Ali bin Al-Madini wafat 234 H• Abu Bakar bin Abi Syaibah Wafat 235 H• Ibnu Rahawaih Wafat 238 H• Ibnu Qutaibah Wafat 236 H 

7. Kemudian murid-muridnya seperti:
• Al-Bukhari wafat 256 H• Muslim wafat 271 H• Ibnu Majah wafat 273 H• Abu Hatim wafat 277 H• Abu Zur’ah wafat 264 H• Abu Dawud : wafat 275 H• At-Tirmidzi wafat 279• An Nasa’i wafat 234 H 

8. Generasi berikutnya : orang-orang generasi berikutnya yang berjalan di jalan mereka adalah:
• Ibnu Jarir ath Thabary wafat 310 H• Ibnu Khuzaimah wafat 311 H• Muhammad Ibn Sa’ad wafat 230 H• Ad-Daruquthni wafat 385 H• Ath-Thahawi wafat 321 H• Al-Ajurri wafat 360 H• Ibnu Hibban wafat 342 H• Ath Thabarany wafat 360 H• Al-Hakim An-Naisaburi wafat 405 H• Al-Lalika’i wafat 416 H• Al-Baihaqi wafat 458 H• Al-Khathib Al-Baghdadi wafat 463 H• Ibnu Qudamah Al Maqdisi wafat 620 H 

9. Murid-Murid Mereka :
• Ibnu Daqiq Al-led wafat 702 H• Ibnu Taimiyah wafat 728 H• Al-Mizzi wafat 742 H• Imam Adz-Dzahabi (wafat 748 H)• Imam Ibnul-Qoyyim al-Jauziyyah (wafat 751 H)• Ibnu Katsir wafat 774 H• 
Asy-Syathibi wafat 790 H
• Ibnu Rajab wafat 795 H

10. Ulama Generasi Akhir :   Ash-Shan’ani wafat 1182 H• Muhammad bin Abdul Wahhab wafat 1206 H• Muhammad Shiddiq Hasan Khan wafat 1307 H• Al-Mubarakfuri wafat 1427 H• Abdurrahman As-Sa`di wafat 1367 H• Ahmad Syakir wafat 1377 H• Muhammad bin Ibrahim Alu Asy-Syaikh wafat 1389 H• Muhammad Amin Asy-Syinqithi wafat 1393 H• Muhammad Nashiruddin Al-Albani wafat 1420 H• Abdul Aziz bin Abdillah Baz wafat 1420 H• Hammad Al-Anshari wafat 1418 H• Hamud At-Tuwaijiri wafat 1413 H• Muhammad Al-Jami wafat 1416 H• Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin wafat 1423 H• Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i wafat 1423 H• Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafidhahullah• Abdul Muhsin Al-Abbad hafidhahullah• Rabi’ bin Hadi Al-Madkhali hafidhahullah
Sumber: Makanatu Ahli Hadits karya Asy-Syaikh Rabi bin Hadi Al-Madkhali dan Wujub Irtibath bi Ulama dengan sedikit tambahan.


Para Ulama Salaf Lainnya

Para Ulama Salaf Ahlul Hadits selain yang disebutkan diatas yang masyur dizamannya antara lain :
  • Imam Abu ‘Ubaid Al-Qasim bin Sallam (wafat 220H)
  • Ibnu Abi Syaibah (159-235 H)
  • Imam Asy Syaukani (172-250 H)
  • Imam al-Muzanniy (wafat 264H)
  • Imam Al Ajurri (190-292H)
  • Imam Al Barbahari (wafat 329 H)
  • Abdul Qadir Al Jailani (471-561 H)
  • Al-Hafidh Al Mundziri 581-656H
  • Imam Nawawi (631-676H)
  • Imam Ibnul-Qoyyim al-Jauziyyah (wafat 751 H)
  • Ibnu Hajar Al ‘Asqolani (773-852 H)
  • Imam As Suyuti (849-911 H)
Para Ulama sekarang yang berjalan diatas As-Sunnah yaitu:
  • Syaikh Ahmad An-Najmi (1346-1410.H)
  • Syaikh Abdullah Muhammad IbnHumayd (1329-1402H)
  • Syaikh Muhammad Aman Al-Jami (1349-1416 H)
  • Syaikh Muhammad Dhiya`I (1940-1994.M)
  • Syaikh Abdullah Al Ghudayyan (1345H..H)
  • Syaikh Ubail Al-Jabiri (1357H..H)
  • Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Jibrin (1349H..H)
  • Syaikh Salim Bin ‘Ied Al Hilali 1377H/1957M
  • Syaikh Ali bin Hasan Al Halaby (1380H..H)
  • Syaikh Abu Ubaidah Masyhur Hasan Salman (1380.H..H)
  • Syaikh Abdullah Bin Abdirrahim Al-Bukhari
  • Syaikh Ali bin Yahya Al Haddadi
  • Syaikh Abdullah Shalfiq : Perjalananku ke Indonesia
  • Para Ulama Sekarang lainnya yang berjalan diatas As-Sunnah(Klick Baca Selanjutnya)


Keluarga Rasulullah

صلى ا لله عليه وسلم
Istri- istri Nabi زوجات النبي 
  • Khadijah binti Khuwailid (wafat 3 SH)
  • Zainab binti Khuzaimah (wafat 1 SH)
  • Aisyah binti Abu Bakar (wafat 57 H)
  • Hafsah binti Umar (wafat 45 H)
  • Juwairiah binti Harits bin Abu Dhirar (wafat 56 H)
  • Maimunah binti Harits (wafat 50 H)
  • Mariah Qibtiah (wafat 16 H)
  • Saudah binti Zam`ah (wafat 23 H/ 643 M)
  • Sofiah binti Huyai bin Akhtab (wafat 50 H)
  • Ummu Habibah binti Abu Sofyan (wafat 44 H)
  • Ummu Salamah (wafat 57 H)
  • Zainab binti Jahsy (wafat 20 H)
Putra-Putri Nabi  
  • Al- Qasim bin Muhammad
  • Zainab binti Muhammad (wafat 8 H.) 
  • Ruqayyah binti Muhammad (wafat 2 H)
  • Ummu Kultsum (wafat 9 H)
  • Fatimah Az-Zahra (wafat 11 H)
  • Abdullah bin Muhammad (meninggal ketika kecil) 
  • Ibrahim bin Muhammad (wafat 10 H ketika kecil) 
Cucu Nabi 
  • Abdullah bin Usman bin Affan (Putra Ruqayyah) 
  • Ali bin Abul Ash (Putra Zainab.meninggal ketika kecil.) 
  • Hasan bin Ali bin Abu Talib (3-50 H.)
  • Husain bin Ali bin Abu Talib (4-61 H)
  • Zainal Abidin (wafat 93H)
  • Ummi Kultsum binti Ali bin Abu Thalib (wafat.75H)
Paman Nabi 
  • Abbas bin Abdul Mutalib (wafat 32 H)
  • Abu Thalib bin Abdul Muthalib (wafat 3 SH)
  • Hamzah bin Abdul Mutalib (wafat 3 H)



Para Sahabat Rasulullah

صلى ا لله عليه وسلم
  • Abdullah bin Jahsy (wafat 3 H)
  • Abbas bin Abdul Muthalib (wafat 32 H)
  • Abdullah bin Abbas (wafat 68 H)
  • Abdullah bin Amru bin Ash (wafat 65 H)
  • Abdullah bin Khuzafah As Sahmi (wafat 28 H)
  • Abdullah bin Masud bin Gafil (wafat 32 H)
  • Abdullah bin Rawahah (wafat 8 H)
  • Abdullah bin Salam (wafat 43 H)
  • Abdullah bin Umar bin Khattab (wafat 73 H)
  • Abdullah bin Ummi Maktum (wafat 14 H)
  • Abdullah bin Zubair (wafat 73 H)
  • Abdurrahman bin Auf (wafat 32 H)
  • Abu Bakr Siddik (51 SH-13 H)
  • Abu Dardaa (wafat 32 H)
  • Abu Hurairah (wafat 59 H)
  • Abu Musa Asy’ari (wafat 44 H)
  • Abul Ash bin Rabi’ al Absyamial Qurasyi
  • Abu Sufyan bin Harists
  • Abu Thalhah An.Anshary
  • Abu Dzarr Al Gifari (wafat 32 H)
  • Adi bin Hatim (wafat 68 H)
  • Ali bin Abu Thalib (23 SH-40 H)
  • Anas bin Malik bin Nadar (wafat 93 H)
  • Bilal bin Rabah Al Habasyi (wafat 20 H)
  • Hakim bin Huzam (wafat 54 H)
  • Hamzah bin Abdul Muthalib (wafat 3 H)
  • Hasan bin Ali (wafat 50 H)
  • Husein bin Ali (Wafat ..H)
  • Huzaifah bin Yamman (wafat 36 H)
  • Jakfar bin Abu Thalib (wafat 8 H)
  • Muawwiyah bi Abu Sofyan (20 SH-60 H)
  • Muaz bin Jabal (wafat 18 H)
  • Rabi’ah bin Ka’ab
  • Said bin Amir Huzaim Al Jumahi
  • Said bin Zaid
  • Tsumamah bin ‘Utsal
  • Thufeil bin Amr Addausi
  • Umar bin Khaththab (40 SH-23 H)
  • Umair bin Sa’ad
  • Usamah bin Zaid
  • Uqbah bin ‘Amir al Juhani
  • Ustman bin Afffan (47 SH-35 H)
  • Usaid bin Hudhair
  • Zaid bin Tsabit (wafat 45 H)
  • Para Sahabat Rasulullah    Lainnya (Baca selanjutnya)


Para Shahabiyah Rasulullah

صلى ا لله عليه وسلم
  • Asma binti Abu Bakar (wafat 73 H)
  • Asma Binti Yazid Al-Anshariah (wafat 30 H)
  • Asma binti ‘Umais (Ummu Ubdillah)
  • Asy Syfa binti Harits
  • Barirah maulah ‘Aisyah
  • Hamnah bintu Jahsyi
  • Hindun binti ‘Utbah
  • Khansa binti Amru wafat 24 H
  • Khaulah binti Tsa’labah
  • Rubai bin Ma’udz
  • Raihanah binti Zaid bin Amru
  • Shafiyah binti Abdul Muththalib
  • Sumayyah binti Khayyath
  • Umamah Bintu Abil ‘Ash
  • Ummu Athiyyah Al-Anshariyah
  • Ummu ‘Aiman (Barkah bintu Tsa’labah bin ‘Amr) 
  • Ummu Fadhl (Lubabah binti al-Haris) 
  • Ummu Hani’ binti Abi Thalib
  • Ummu Syuraik al Quraisyiah
  • Ummu Haram (Malikah binti Milhan bin Khalid Al-Anshariah) wafat 28 H
  • Ummu Halim bin Harits
  • Ummu Umarah (Nusaibah binti Kaab) wafat 13 H
  • Ummu Ma’bad Al-Khuza’iyah
  • Ummu Waraqah binti Naufal
  • Ummu Ruman bintu ‘Amir
  • Ummu Sulaim binti Malhan
  • Para Shahabiyah Rasulullah lainnya (Baca Selanjutnya)


Para Tabi’in dan Tabiut Tabi’in

  • Abdullah bin Tsuaib (Abu MuslimAl Khaulani)
  • Abdullah bin al-Mubarak
  • Abu Hanifah
  • Aisyah binti Thalhah
  • Amir Bin Abdillah Attamimi
  • Atba’ bin Abi Rabah
  • Zainal Abidin bin Husain Ali Abithalib
  • Hasan Al-Bashri
  • Muhammad ibnu Wa’asi al Azdiy
  • Muhammad bin Sirin
  • Rabi’ah ar Ra’yi
  • Said Ibnu al Musayaab
  • Said ibnu Jubair
  • Salamah ibnu Dinar
  • Shilah bin Asy Syam al ‘Adawi
  • Syuraih al Qadli
  •   Thaawus ibnu Kaisan
  • Urwah bin Zubair
  • Umar bin Abdul Aziz
  • Abdul Malik bin Umar bin Abdul Aziz
  • Qosim bin Muhammad bin Abi Bakr

Sedangkan para Tabi’ut Tabi’in dan murid muridnya serta generasi sesudahnya telah disebutkan pada biografi diatas antara lain seperti:Malik bin Anas, Imam Al Auza’I, Sufyan Ats-Tsauri, Abu Hanifah, Imam Syafee’I, Imam Hambali, Imam Muslim, Imam Bukhari, Imam Abu Dawud, Imam Hatim, Imam Zur’ah, Imam Tirmidzi, Imam Nasa’i. Serta generasi berikutnya.

SIAPAKAH AHLUS SUNNAH ???

Istilah Ahlus Sunnah tentu tidak asing bagi kaum muslimin. Bahkan mereka semua mengaku sebagai Ahlus Sunnah. Tapi siapakah Ahlus Sunnah itu? Dan siapa pula kelompok yang disebut Rasulullah sebagai orang-orang asing? 

Telah menjadi ciri perjuangan iblis dan tentara-tentaranya yaitu terus berupaya mengelabui manusia. Yang batil bisa menjadi hak dan sebaliknya, yang hak bisa menjadi batil. Sehingga ahli kebenaran bisa menjadi pelaku maksiat yang harus dimusuhi dan diisolir. Dan sebaliknya, pelaku kemaksiatan bisa menjadi pemilik kebenaran yang harus dibela. Syi’ar pemecah belah ini merupakan ciri khas mereka dan mengganggu perjalanan manusia menuju Allah merupakan tujuan tertinggi mereka. 

Tidak ada satupun pintu kecuali akan dilalui iblis dan tentaranya. Dan tidak ada satupun amalan kecuali akan dirusakkannya, minimalnya mengurangi nilai amalan tersebut di sisi Allah Subhanahu Wata’ala. Iblis mengatakan di hadapan Allah Subhanahu Wata’ala: “Karena Engkau telah menyesatkanku maka aku akan benar-benar menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus dan aku akan benar-benar mendatangi mereka dari arah depan dan belakang, dan samping kiri dan samping kanan.”, (QS. Al A’raf : 17 ) 

Dalam upayanya mengelabui mangsanya, Iblis akan mengatakan bahwa ahli kebenaran itu adalah orang yang harus dijauhi dan dimusuhi, dan kebenaran itu menjadi sesuatu yang harus ditinggalkan, dan dia mengatakan: “Sehingga Engkau ya Allah menemukan kebanyakan mereka tidak bersyukur.” (QS. Al A’raf: 17) 

Demikian halnya yang terjadi pada istilah Ahlus Sunnah wal Jamaah. Istilah ini lebih melekat pada gambaran orang-orang yang banyak beribadah dan orang-orang yang berpemahaman sufi. Tak cuma itu, semua kelompok yang ada di tengah kaum muslimin juga mengaku sebagai Ahlus Sunnah wal Jamaah. Walhasil, nama Ahlus Sunnah menjadi rebutan orang. Mengapa demikian? Apakah keistimewaan Ahlus Sunnah sehingga harus diperebutkan? Dan siapakah mereka sesungguhnya? 

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kita harus merujuk kepada keterangan Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wasallam dan ulama salaf dalam menentukan siapakah mereka yang sebenarnya dan apa ciri-ciri khas mereka. Jangan sampai kita yang digambarkan dalam sebuah sya’ir: Semua mengaku telah meraih tangan Laila Dan Laila tidak mengakui yang demikian itu

Bahwa tidak ada maknanya kalau hanya sebatas pengakuan, sementara dirinya jauh dari kenyataan. 

Secara fitrah dan akal dapat kita bayangkan, sesuatu yang diperebutkan tentu memiliki keistimewaan dan nilai tersendiri. Dan sesuatu yang diakuinya, tentu memiliki makna jika mereka berlambang dengannya. Mereka mengakui bahwa Ahlus Sunnah adalah pemilik kebenaran. Buktinya, setelah mereka memakai nama tersebut, mereka tidak akan ridha untuk dikatakan sebagai ahli bid’ah dan memiliki jalan yang salah. Bahkan mengatakan bahwa dirinya merupakan pemilik kebenaran tunggal sehingga yang lain adalah salah. Mereka tidak sadar, kalau pengakuannya tersebut merupakan langkah untuk membongkar kedoknya sendiri dan memperlihatkan kebatilan jalan mereka. Yang akan mengetahui hal yang demikian itu adalah yang melek dari mereka. 

As Sunnah Berbicara tentang As Sunnah secara bahasa dan istilah sangat penting sekali. Di samping untuk mengetahui hakikatnya, juga untuk mengeluarkan mereka-mereka yang mengakui sebagai Ahlus Sunnah. Mendefinisikan As Sunnah ditinjau dari beberapa sisi yaitu sisi bahasa, syari’at dan generasi yang pertama, ahlul hadits, ulama ushul, dan ahli fiqih. 

As Sunnah menurut bahasa As Sunnah menurut bahasa adalah As Sirah (perjalanan), baik yang buruk ataupun yang baik. Khalid bin Zuhair Al Hudzali berkata: Jangan kamu sekali-kali gelisah karena jalan yang kamu tempuh Keridhaan itu ada pada jalan yang dia tempuh sendiri.

As Sunnah menurut Syari’at Dan Generasi Yang Pertama Apabila terdapat kata sunnah dalam hadits Rasulullah atau dalam ucapan para sahabat dan tabi’in, maka yang dimaksud adalah makna yang mencakup dan umum. Mencakup hukum-hukum baik yang berkaitan langsung dengan keyakinan atau dengan amal, apakah hukumnya wajib, sunnah atau boleh. 

Al Hafidz Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Bari 10/341 berkata: “Telah tetap bahwa kata sunnah apabila terdapat dalam hadits Rasulullah, maka yang dimaksud bukan sunnah sebagai lawan wajib (Apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila di tinggalkan tidak akan berdosa, pent.).” 

Ibnu ‘Ajlan dalam kitab Dalilul Falihin 1/415 ketika beliau mensyarah hadits ‘Fa’alaikum Bisunnati’, berkata: “Artinya jalanku dan langkahku yang aku berjalan di atasnya dari apa-apa yang aku telah rincikan kepada kalian dari hukum-hukum i’tiqad (keyakinan), dan amalan-amalan baik yang wajib, sunnah, dan sebagainya.” Imam Shan’ani berkata dalam kitab Subulus Salam 1/187, ketika beliau mensyarah hadits Abu Sa’id Al-Khudri, “di dalam hadits tersebut disebutkan kata ‘Ashobta As Sunnah’, yaitu jalan yang sesuai dengan syari’at.” 

Demikianlah kalau kita ingin meneliti nash-nash yang menyebutkan kata “As Sunnah”, maka akan jelas apa yang dimaukan dengan kata tersebut yaitu: “Jalan yang terpuji dan langkah yang diridhai yang telah dibawa oleh Rasulullah. Dari sini jelaslah kekeliruan orang-orang yang menisbahkan diri kepada ilmu yang menafsirkan kata sunnah dengan istilah ulama fiqih sehingga mereka terjebak dalam kesalahan yang fatal. 

As Sunnah Menurut Ahli Hadits As sunnah menurut jumhur ahli hadits adalah sama dengan hadits yaitu: “Apa-apa yang diriwayatkan dari Rasulullah baik berbentuk ucapan, perbuatan, ketetapan, dan sifat baik khalqiyah (bentuk) atau khuluqiyah (akhlak). 

As Sunnah Menurut Ahli Ushul Fiqih Menurut Ahli Ushul Fiqih, As Sunnah adalah dasar dari dasar-dasar hukum syaria’at dan juga dalil-dalilnya. Al Amidy dalam kitab Al Ihkam 1/169 mengatakan: “Apa-apa yang datang dari Rasulullah dari dalil-dalil syari’at yang bukan dibaca dan bukan pula mu’jizat atau masuk dalam katagori mu’jizat”. 

As Sunnah Di Sisi Ulama Fiqih As Sunnah di sisi mereka adalah apa-apa yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa. 

Di sini bisa dilihat, mereka yang mengaku sebagai ahlus sunnah –dengan menyandarkan kepada ahli fikih-, tidak memiliki dalil yang jelas sedikitpun dan tidak memiliki rujukan, hanya sebatas simbol yang sudah usang. Jika mereka memakai istilah syariat dan generasi pertama, mereka benar-benar telah sangat jauh. Jika mereka memakai istilah ahli fiqih niscaya mereka akan bertentangan dengan banyak permasalahan. Jika mereka memakai istilah ulama ushul merekapun tidak akan menemukan jawabannya. Jika mereka memakai istilah ulama hadits sungguh mereka tidak memilki peluang untuk mempergunakan istilah mereka. Tinggal istilah bahasa yang tidak bisa dijadikan sebagai hujjah dalam melangkah, terlebih menghalalkan sesuatu atau mengharamkannya. 

Siapakah Ahlus Sunnah 

Ahlu Sunnah memiliki ciri-ciri yang sangat jelas di mana ciri-ciri itulah yang menunjukkan hakikat mereka. 

1. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti jalan Rasulullah dan jalan para sahabatnya, yang menyandarkan pada Al Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman salafus shalih yaitu pemahaman generasi pertama umat ini dari kalangan shahabat, tabi’in dan generasi setelah mereka. Rasulullah bersabda: “ Sebaik-baik manusia adalah generasiku kemudian orang-orang setelah mereka kemudian orang-orang setelah mereka.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad) 

2. Mereka kembalikan segala bentuk perselisihan yang terjadi di kalangan mereka kepada Al Qur’an dan As Sunnah dan siap menerima apa-apa yang telah diputuskan oleh Allah dan Rasulullah. Firman Allah: “Maka jika kalian berselisih dalam satu perkara, kembalikanlah kepada Allah dan Rasulullah jika kalian beriman kepada Allah dan hari akhir. Dan yang demikian itu adalah baik dan lebih baik akibatnya.” (QS. An Nisa: 59) “Tidak pantas bagi seorang mukmin dan mukminat apabila Allah dan Rasul-Nya memutuskan suatu perkara untuk mereka, akan ada bagi mereka pilihan yang lain tentang urusan mereka. Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya sungguh dia telah sesat dengan kesesatan yang nyata. (QS. Al Ahzab: 36) 

3. Mereka mendahulukan ucapan Allah dan Rasul daripada ucapan selain keduanya. Firman Allah: “Hai orang-orang yang beriman janganlah kalian mendahulukan (ucapan selain Allah dan Rasul ) terhadap ucapan Allah dan Rasul dan bertaqwalah kalian kepada Allah sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Hujurat: 1) 

4. Menghidupkan sunnah Rasulullah baik dalam ibadah mereka, akhlak mereka, dan dalam semua sendi kehidupan, sehigga mereka menjadi orang asing di tengah kaumnya. Rasulullah bersabda tetang mereka: “Sesungguhnya Islam datang dalam keadaan asing dan akan kembali pula daam keadaan asing, maka berbahagialah orang-orang dikatakan asing.” (HR. Muslim dari hadits Abu Hurairah dan Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma) 

5. Mereka adalah orang-orang yang sangat jauh dari sifat fanatisme golongan. Dan mereka tidak fanatisme kecuali kepada Kalamullah dan Sunnah Rasulullah. Imam Malik mengatakan: “Tidak ada seorangpun setelah Rasulullah yang ucapannya bisa diambil dan ditolak kecuali ucapan beliau.”

6. Mereka adalah orang-orang yang menyeru segenap kaum muslimin agar bepegang dengan sunnah Rasulullah dan sunnah para shahabatnya. 

7. Mereka adalah orang-oang yang memikul amanat amar ma’ruf dan nahi munkar sesuai dengan apa yang dimaukan Allah dan Rasul-Nya. Dan mereka mengingkari segala jalan bid’ah (lawannya sunnah) dan kelompok-kelompok yang akan mencabik-cabik barisan kaum muslimin. 

8. Mereka adalah orang-orang yang mengingkari undang-undang yang dibuat oleh manusia yang menyelisihi undang-undang Allah dan Rasulullah. 

9. Mereka adalah orang-orang yang siap memikul amanat jihad fi sabilillah apabila agama menghendaki yang demikian itu. 

Syaikh Rabi’ dalam kitab beliau Makanatu Ahli Al Hadits hal. 3-4 berkata: “Mereka adalah orang-orang yang menempuh manhaj (metodologi)-nya para sahabat dan tabi’in dalam berpegang terhadap kitabullah dan sunnah Rasulullah dan menggigitnya dengan gigi geraham mereka. Mendahulukan keduanya atas setiap ucapan dan petunjuk, kaitannya dengan aqidah, ibadah, mu’amalat, akhlaq, politik, maupun, persatuan. Mereka adalah orang-orang yang kokoh di atas prinsip-prinsip agama dan cabang-cabangnya sesuai dengan apa yang diturunkah Allah kepada hamba dan Rasul-Nya Muhammad shallallahu ‘alahi wasallam. Mereka adalah orang-orang yang tampil untuk berdakwah dengan penuh semangat dan kesungguh-sungguhan. Mereka adalah para pembawa ilmu nabawi yang melumatkan segala bentuk penyelewengan orang-orang yang melampaui batas, kerancuan para penyesat dan takwil jahilin. Mereka adalah orang-orang yang selalu mengintai setiap kelompok yang menyeleweng dari manhaj Islam seperti Jahmiyah, Mu’tazilah, Khawarij, Rafidah (Syi’ah), Murji’ah, Qadariyah, dan setiap orang yang menyeleweng dari manhaj Allah, mengikuti hawa nafsu pada setiap waktu dan tempat, dan mereka tidak pernah mundur karena cercaan orang yang mencerca.” 

Ciri Khas Mereka 
1. Mereka adalah umat yang baik dan jumlahnya sangat sedikit, yang hidup di tengah umat yang sudah rusak dari segala sisi. Rasulullah bersabda: “Berbahagialah orang yang asing itu (mereka adalah) orang-orang baik yang berada di tengah orang-orang yang jahat. Dan orang yang memusuhinya lebih banyak daripada orang yang mengikuti mereka.” (Shahih, HR. Ahmad) 

Ibnul Qoyyim dalam kitabnya Madarijus Salikin 3/199-200, berkata: “Ia adalah orang asing dalam agamanya dikarenakan rusaknya agama mereka, asing pada berpegangnya dia terhadap sunnah dikarenakan berpegangnya manusia terhadap bid’ah, asing pada keyakinannya dikarenakan telah rusak keyakinan mereka, asing pada shalatnya dikarenakan jelek shalat mereka, asing pada jalannya dikarenakan sesat dan rusaknya jalan mereka, asing pada nisbahnya dikarenakan rusaknya nisbah mereka, asing dalam pergaulannya bersama mereka dikarenakan bergaul dengan apa yang tidak diinginkan oleh hawa nafsu mereka”. 

Kesimpulannya, dia asing dalam urusan dunia dan akhiratnya, dan dia tidak menemukan seorang penolong dan pembela. Dia sebagai orang yang berilmu ditengah orang-orang jahil, pemegang sunnah di tengah ahli bid’ah, penyeru kepada Allah dan Rasul-Nya di tengah orang-orang yang menyeru kepada hawa nafsu dan bid’ah, penyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari kemungkaran di tengah kaum di mana yang ma’ruf menjadi munkar dan yang munkar menjadi ma’ruf.” 

Ibnu Rajab dalam kitab Kasyfu Al Kurbah Fi Washfi Hal Ahli Gurbah hal 16-17 mengatakan: “Fitnah syubhat dan hawa nafsu yang menyesatkan inilah yang telah menyebabkan berpecahnya ahli kiblat menjadi berkeping-keping. Sebagian mengkafirkan yang lain sehingga mereka menjadi bermusuh-musuhan, berpecah-belah, dan berpartai-partai yang dulunya mereka berada di atas satu hati. Dan tidak ada yang selamat dari semuanya ini melainkan satu kelompok. Merekalah yang disebutkan dalam sabda Rasulullah: “Dan terus menerus sekelompok kecil dari umatku yang membela kebenaran dan tidak ada seorangpun yang mampu memudharatkannya siapa saja yang menghinakan dan menyelisihi mereka, sampai datangnya keputusan Allah dan mereka tetap di atas yang demikian itu.” 

2. Mereka adalah orang yang berada di akhir jaman dalam keadaan asing yang telah disebutkan dalam hadits, yaitu orang-orang yang memperbaiki ketika rusaknya manusia. Merekalah orang-orang yang memperbaiki apa yang telah dirusak oleh manusia dari sunnah Rasulullah. Merekalah orang-orang yang lari dengan membawa agama mereka dari fitnah. Mereka adalah orang yang sangat sedikit di tengah-tengah kabilah dan terkadang tidak didapati pada sebuah kabilah kecuali satu atau dua orang, bahkan terkadang tidak didapati satu orangpun sebagaimana permulaan Islam. 

Dengan dasar inilah, para ulama menafsirkan hadits ini. Al Auza’i mengatakan tentang sabda Rasulullah: “Islam datang dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing.” Adapun Islam itu tidak akan pergi akan tetapi Ahlus Sunnah yang akan pergi sehingga tidak tersisa di sebuah negeri melainkan satu orang.” Dengan makna inilah didapati ucapan salaf yang memuji sunnah dan mensifatinya dengan asing dan mensifati pengikutnya dengan kata sedikit.” (Lihat Kitab Ahlul Hadits Hum At Thoifah Al Manshurah hal 103-104) 

Demikianlah sunnatullah para pengikut kebenaran. Sepanjang perjalanan hidup selalu dalam prosentase yang sedikit. Allah berfiman: “Dan sedikit dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur.” 

Dari pembahasan yang singkat ini, jelas bagi kita siapakah yang dimaksud dengan Ahlus Sunnah dan siapa-siapa yang bukan Ahlus Sunnah yang hanya penamaan semata. Benarlah ucapan seorang penyair mengatakan : Semua orang mengaku telah menggapai si Laila Akan tetapi si Laila tidak mengakuinya Walhasil Ahlus Sunnah adalah orang-orang yang mengikuti Al Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman, amalan, dan dakwah salafus shalih.